Foto Kegiatan

Senin, 19 Maret 2012

Pembelajaran Menggunakan Facebook


PEMANFAATAN APLIKASI JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMEBLAJARAN MENULIS PUISI DI SMA WACHID HASJIM MADURAN, LAMONGAN
oleh Rasmian
A.    Pengantar

Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah.Tidak dapat dipungkiri hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik berdampak positif atau negatif. Dampaknya tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas k esemua kalangan baik kalangan terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.
Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya adalahs ebagai tempat komunitas jejaring sosial duniamaya (Rahmayani, 2011:1)
Facebook dapat  juga diartikan sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan pada 4Februari 2004. Facebook memungkinkan para pengguna menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personillainnya dan dapa tbergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan penggunalainnya.
Pengguna Facebook di Indonesia pada periode September 2010 mencapai peringkat ke-3 di dunia. Sumber lain diketahui bahwa pengguna Facebook di Indonesia mengalami peningkatan menjadi peringkatke-2 di  dunia pada      24 Desember 2010 (Rahmayani, 2011:2)
Data statistik penggunaan facebook ditunjukkan dalam table sebagai berikut:
Tabel1.1: Urutan Sepuluh Besar Pengguna Facebook di Dunia

No
Nama Negara
Pengguna Facebook sampaidengan September 2010

1

UnitedStates

145,747,320
2
Indonesia
32,131,200
3
United Kingdom 2
8,661,600
4
Turkey
24,368,960
5
France
20,330,580
6
Philippines
18,901,900
7
Mexico
18,243,080
8
Italy
17,914,220
9
India
17,288,060
10
Canada
17,142,920

Siswa SMA juga sangat akrap dengan facebook. Hampi semua siswa memiliki alamat facebook. Sementara itu berdasarkan pengamatan penulis, banyak siswa memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk hal-hal yang kurang perlu, misalnya saja untuk sekedar berkenalan dengan orang lain.



B.  Implementasi Facebook dalam Pembelajaran Menulis Puisi
a.      Langkah Kerja
Untuk mengimplementasikan fasilitas face  book dalam pembelajaran  ikutilah langkah-langkah berikut ini.
1.      Identifikasi SK/KD
Pada langkah ini guru mengidentifikasi sifat materi yang dapat diajarkan dengan mengunakan media face book. Materi-materi  yang dapat digunakan dengan media face book materi menulis, baik itu menulis fiksi maupun menulis nonfiksi. Misalnya saja menulis cerita, menulis puisi, menulis pantun, menulis deskripsi, ekspsisi, argumentasi dan lain sebagainya.
2.      Identifikasi Permasalahan-Permasalah dalam Pembelajaran pada SK/KD.
Dalam pembelajaran sering guru mengalami kesulitan dalam berbgai hal. Di antara kesulitan  tersebut antara lain disebabkan oleh kerulitan materi, motivasi siswa dalam belajar, dan lain sebagainya.  Lakukan indentifikasi apa yang menyebankan terjadi permasalahn dalam pembelajaran. Jika sudah teridentifikasi masalah cobalah melakukan tindakan dari permaasalahn tersebut. Misalnya saja ada masalah masalah kejenuhan dalam pembelajaran, identifikasi apa sebab dari kejenuhan tersebut. Setelah menemukan sebab pilihlah alternative pemecahan masalah.Menggunakan media yang menarik mungkan salah satu alternative pemecahan tersebut.
3.      Identifikasi Sarana Prasarana yang Dimiliki.
Apanila guru ingin memecahkan masalah pembelajaran dengan alternative pemecahan masalah penggunaan media yang bervariasi, guru harus mengidentifikasi sarana prasana, baik sarana yang dimiliki siswa, guru dan sekolah.  Hal ini perlu dilakukan agar  tidak terjadi hambatan dalam implementasi pembelajarannya.
Dalam hal implementasi  face book dalam pembelajan bahasa, guru bahasa harus mengetahui berapa siswa yang sudah memiliki alamat face book, apakah mereka memiliki sarana untuk mengaplikasikan fece book, apakah mereka dapat mengaplikasikan sarana tersebut dedngan baik.
Jika guru sudah yakin hal tersebut barulah guru dapat memutuskan   face book sebagai media pembelajaran.
4.      Lakukan Perencanan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran dalam hal ini tidak hanya menyiapkan RPP, tetapi guru juga harus menyiapkan hal-hal  diluar RPP. Apa saja hal diluar RPP yang perlu direncanakan guru? Guru  harus merencanakan fasilitas komuter, HP atau ruang belajar, koneksi internet di area pembelajaran.
Perencanan  guru yang  berkaitan dengan RPP wajib dilakukan. Di dalam RPP guru harus menyebut dengan jelas langkah-langkah pembelajaran, materi, dan evaluasinya. Dalam hal ini akan dibahas pada subbab berikutnya.

5.      Siapkan Sarana Prasarana
Setelah perencanan guru segera menyediakan fasilitas untuk mendukung program pembelajaran.Sebagaimana telah disebutkan di atas guru harus menyediakan fasilitas koneksi internet, computer, atau HP dan ruang belajar.
6.      Laksanakan Kegiatan Kembelajaran
Lakukan kegiatan pembelajaran jika semua hal sudah siap. Dalam kegiatan ini guru perlu melakukan pengamatan proses pembelajaran. Sebaiknya  dilakukan pencatatan pengamatan.
Jika dalam proses pembelajaran ada hal-hal yang menyimpang dari perencanaan sebaiknya guru segera mengambil tindakan-tindakan yang mengarahkan pembelajaran kea rah yang libih efektif.
b.      Langkah-langkah Pembelajaran
 Pada sub ini dipaparkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran menurut pengalaman penulis.
1)      Kegiatan Apersepsi
Dalam kegiatan apersepsi penulis melakukan hal-hal berikut ini.
a)      Bertanya kepada siswa tentang puisi, dan cara menulisnya
b)      Bertanya kepada siswa apakah siswa merasa kesulitan ketika diajak menulis puisi
c)      Bertatanya apakah manfaat pembelajaran ini
d)     Memberi informasi kegunaan puisi
Berdasarkan jawaban-jawaban yang dilontarkan siswa dalam kegiatan apersepsi ini penulis memperoleh kesimpulan awal bahwa siswa merasa  bahwa menulis puisi itu   sulit apalagi membacakannya di depan kelas merupakan kegiatan yang kurang diminati oleh siswa.
Berdasarkan hal tersebut penulis mengajak siswa belajar mengunakan feca book. Pada pertemuan sebelumnya penulis telah memerintahkan kepada siswa agar siswa “meng-add” face book penulis.
2)      Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini langkah kegiatan dapat dijelaskan sebagai berikut:
a)      Penulis menjelaskan teknik  menulis puisi menurut saran Taufik Ismail.
b)      Penulis memerintahlkan siswa membuka face book.
c)      Penulis menulis status di face book yang berbunyi perintah.
d)     Siswa menulis puisi sesuai dengan perintah tersebut.
e)      Siswa memebackan hasil kerja secara bergantian
f)       Penulis kembali menulis status di face book yang berbunyi perintah
g)      Siswa menulis puisi sesuai dengan perintah tersebut
h)      Siswa memebackan hasil kerja secara bergantian ( sampai 4 teknik menulis puisi)
i)        Penulis menulis perintah menulis puisi secara utuh.
Berikut ini didajikan contoh kegiatan yang dilakukan penulis dalam  langkah ini.
Gambar Puisi Kiriman Siswa

3)      Kegiatan Penutup
Dalam tahap ini  penulis memberi simpulan  cara menulis puisi. Selain itu penulis memerintahkan siswa memberi komentar proses pembelajaran dengan metode ini.
Berikut contoh gambar komentar siswa.
Gambar Komentar Siswa
c.       Keunggulan
Berdasarkan pengalaman penulis keunggulan pembelajaran ini adalah:
1)      Pembelajaran sangat menarik bagi siswa.
2)      Siswa lebih termotivasi untuk belajar
3)      Siswa tidak merasa sedang belajar sehingga siswa lebih rileks.
4)      Muncul keberanian siswa dalam menulis
5)      Jika waktu tidak cukup dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

2 komentar:

  1. thanks sharingnya, saya juga sedang menerapkan pemanfaatan facebook dlm pembelajaran bhs Inggris, dan siswa mulai tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

    BalasHapus
  2. Semangat buat kemajuan pendidikan Indonesia mbak Nurul :)

    BalasHapus

COACHING DALAM PENDIDIKAN

A. Pendahuluan            Senin, 1 Februari 2021 merupakan hari bersejarah bagi pendidikan Indonesia. Pada hari itu Menteri Pendidikan dan K...