PEMANFAATAN APLIKASI JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMEBLAJARAN MENULIS PUISI DI SMA WACHID HASJIM MADURAN, LAMONGAN
oleh Rasmian
A. Pengantar
Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah.Tidak dapat dipungkiri hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik berdampak positif atau negatif. Dampaknya tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas k esemua kalangan baik kalangan terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.
Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian jaringan. Fungsi internet bermacam-macam, dan salah satunya adalahs ebagai tempat komunitas jejaring sosial duniamaya (Rahmayani, 2011:1)
Facebook dapat juga diartikan sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan pada 4Februari 2004. Facebook memungkinkan para pengguna menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personillainnya dan dapa tbergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan penggunalainnya.
Pengguna Facebook di Indonesia pada periode September 2010 mencapai peringkat ke-3 di dunia. Sumber lain diketahui bahwa pengguna Facebook di Indonesia mengalami peningkatan menjadi peringkatke-2 di dunia pada 24 Desember 2010 (Rahmayani, 2011:2)
Data statistik penggunaan facebook ditunjukkan dalam table sebagai berikut:
Tabel1.1: Urutan Sepuluh Besar Pengguna Facebook di Dunia
No | Nama Negara | Pengguna Facebook sampaidengan September 2010 |
1 | UnitedStates | 145,747,320 |
2 | Indonesia | 32,131,200 |
3 | United Kingdom 2 | 8,661,600 |
4 | Turkey | 24,368,960 |
5 | France | 20,330,580 |
6 | Philippines | 18,901,900 |
7 | Mexico | 18,243,080 |
8 | Italy | 17,914,220 |
9 | India | 17,288,060 |
10 | Canada | 17,142,920 |
Sumber: http://www.checkfacebook.com/
Siswa SMA juga sangat akrap dengan facebook. Hampi semua siswa memiliki alamat facebook. Sementara itu berdasarkan pengamatan penulis, banyak siswa memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk hal-hal yang kurang perlu, misalnya saja untuk sekedar berkenalan dengan orang lain.
B. Implementasi Facebook dalam Pembelajaran Menulis Puisi
a. Langkah Kerja
Untuk mengimplementasikan fasilitas face book dalam pembelajaran ikutilah langkah-langkah berikut ini.
1. Identifikasi SK/KD
Pada langkah ini guru mengidentifikasi sifat materi yang dapat diajarkan dengan mengunakan media face book. Materi-materi yang dapat digunakan dengan media face book materi menulis, baik itu menulis fiksi maupun menulis nonfiksi. Misalnya saja menulis cerita, menulis puisi, menulis pantun, menulis deskripsi, ekspsisi, argumentasi dan lain sebagainya.
2. Identifikasi Permasalahan-Permasalah dalam Pembelajaran pada SK/KD.
Dalam pembelajaran sering guru mengalami kesulitan dalam berbgai hal. Di antara kesulitan tersebut antara lain disebabkan oleh kerulitan materi, motivasi siswa dalam belajar, dan lain sebagainya. Lakukan indentifikasi apa yang menyebankan terjadi permasalahn dalam pembelajaran. Jika sudah teridentifikasi masalah cobalah melakukan tindakan dari permaasalahn tersebut. Misalnya saja ada masalah masalah kejenuhan dalam pembelajaran, identifikasi apa sebab dari kejenuhan tersebut. Setelah menemukan sebab pilihlah alternative pemecahan masalah.Menggunakan media yang menarik mungkan salah satu alternative pemecahan tersebut.
3. Identifikasi Sarana Prasarana yang Dimiliki.
Apanila guru ingin memecahkan masalah pembelajaran dengan alternative pemecahan masalah penggunaan media yang bervariasi, guru harus mengidentifikasi sarana prasana, baik sarana yang dimiliki siswa, guru dan sekolah. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi hambatan dalam implementasi pembelajarannya.
Dalam hal implementasi face book dalam pembelajan bahasa, guru bahasa harus mengetahui berapa siswa yang sudah memiliki alamat face book, apakah mereka memiliki sarana untuk mengaplikasikan fece book, apakah mereka dapat mengaplikasikan sarana tersebut dedngan baik.
Jika guru sudah yakin hal tersebut barulah guru dapat memutuskan face book sebagai media pembelajaran.
4. Lakukan Perencanan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran dalam hal ini tidak hanya menyiapkan RPP, tetapi guru juga harus menyiapkan hal-hal diluar RPP. Apa saja hal diluar RPP yang perlu direncanakan guru? Guru harus merencanakan fasilitas komuter, HP atau ruang belajar, koneksi internet di area pembelajaran.
Perencanan guru yang berkaitan dengan RPP wajib dilakukan. Di dalam RPP guru harus menyebut dengan jelas langkah-langkah pembelajaran, materi, dan evaluasinya. Dalam hal ini akan dibahas pada subbab berikutnya.
5. Siapkan Sarana Prasarana
Setelah perencanan guru segera menyediakan fasilitas untuk mendukung program pembelajaran.Sebagaimana telah disebutkan di atas guru harus menyediakan fasilitas koneksi internet, computer, atau HP dan ruang belajar.
6. Laksanakan Kegiatan Kembelajaran
Lakukan kegiatan pembelajaran jika semua hal sudah siap. Dalam kegiatan ini guru perlu melakukan pengamatan proses pembelajaran. Sebaiknya dilakukan pencatatan pengamatan.
Jika dalam proses pembelajaran ada hal-hal yang menyimpang dari perencanaan sebaiknya guru segera mengambil tindakan-tindakan yang mengarahkan pembelajaran kea rah yang libih efektif.
b. Langkah-langkah Pembelajaran
Pada sub ini dipaparkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran menurut pengalaman penulis.
1) Kegiatan Apersepsi
Dalam kegiatan apersepsi penulis melakukan hal-hal berikut ini.
a) Bertanya kepada siswa tentang puisi, dan cara menulisnya
b) Bertanya kepada siswa apakah siswa merasa kesulitan ketika diajak menulis puisi
c) Bertatanya apakah manfaat pembelajaran ini
d) Memberi informasi kegunaan puisi
Berdasarkan jawaban-jawaban yang dilontarkan siswa dalam kegiatan apersepsi ini penulis memperoleh kesimpulan awal bahwa siswa merasa bahwa menulis puisi itu sulit apalagi membacakannya di depan kelas merupakan kegiatan yang kurang diminati oleh siswa.
Berdasarkan hal tersebut penulis mengajak siswa belajar mengunakan feca book. Pada pertemuan sebelumnya penulis telah memerintahkan kepada siswa agar siswa “meng-add” face book penulis.
2) Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini langkah kegiatan dapat dijelaskan sebagai berikut:
a) Penulis menjelaskan teknik menulis puisi menurut saran Taufik Ismail.
b) Penulis memerintahlkan siswa membuka face book.
c) Penulis menulis status di face book yang berbunyi perintah.
d) Siswa menulis puisi sesuai dengan perintah tersebut.
e) Siswa memebackan hasil kerja secara bergantian
f) Penulis kembali menulis status di face book yang berbunyi perintah
g) Siswa menulis puisi sesuai dengan perintah tersebut
h) Siswa memebackan hasil kerja secara bergantian ( sampai 4 teknik menulis puisi)
i) Penulis menulis perintah menulis puisi secara utuh.
Berikut ini didajikan contoh kegiatan yang dilakukan penulis dalam langkah ini.

Gambar Puisi Kiriman Siswa
3) Kegiatan Penutup
Dalam tahap ini penulis memberi simpulan cara menulis puisi. Selain itu penulis memerintahkan siswa memberi komentar proses pembelajaran dengan metode ini.
Berikut contoh gambar komentar siswa.

Gambar Komentar Siswa
c. Keunggulan
Berdasarkan pengalaman penulis keunggulan pembelajaran ini adalah:
1) Pembelajaran sangat menarik bagi siswa.
2) Siswa lebih termotivasi untuk belajar
3) Siswa tidak merasa sedang belajar sehingga siswa lebih rileks.
4) Muncul keberanian siswa dalam menulis
5) Jika waktu tidak cukup dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
thanks sharingnya, saya juga sedang menerapkan pemanfaatan facebook dlm pembelajaran bhs Inggris, dan siswa mulai tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
BalasHapusSemangat buat kemajuan pendidikan Indonesia mbak Nurul :)
BalasHapus