Foto Kegiatan

Senin, 21 Januari 2013

SAP MEDIA PENBELAJARAN



logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi       :




SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                          : Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi                  : S-1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Mata Kuliah/ SKS            : Media Pembelajaran Bahasa / 2 SKS
Kode Mata Kuliah           :
Pertemuan Ke                  : 1
Alokasi Waktu                 : 2 jam pertemuan


 
A.    Kompetensi
Mendeskripsikan media pembelajan IT
B.    Indikator
Mendeskripsikan empat aspek manata media visual
C.    Tujuan
Mahasiswa dapat mendeskripsikan empat aspek manata media visual
D.    Materi
Menata media visual
E.    Pendekatan/Model/Metode
Langsung, Ceramah, Penugasan
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
1.    Dosen mengajak bermain “Berita Bersambung”
2.    Mahasiswa merefleksikan hasil permainan
3.    Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompok
4.    Dosen membagikan lembar pertanyaan
Kegiatan Inti
1.    Mahasiswa mempresntasikan hasil  kerja
2.    Mahasiswa berdiskusi
3.    Dosen memberi komentar hasil diskusi
Kegiatan akhir
1.    Mahasiswa merefleksikan hasil pembelajaran
G.    Media/Sumber Belajar
Media:Power point, lembar pertanyaan.
Sumber:
1)      Anonim. 2011. Panduan Praktis Microsoft Power Point 2010. Yogyakarta: Andi
2)   Sujiono,Yuliani Nuraini.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks
3)   Suwarna, Nana. 2009. Microsoft Office 2007: Pedoman Panduan Pratikum. Bandung: 2011.
4)   Soenarno, Adi. 2005.Ice Breaker: Permainan Atraktif, Edukatif untuk Pelatihan Mamajemen. Yogyakarta: Andi

H.    Penilaian
Penilaian tulis
Dartar Pertanyaan
1.    Jelaskan pengertian media pembelajaran menurut Schramm (1977), Briggs (1977), dan National Education Associaton (1969)!
2.    Menurut pendapat Anda apa fungsi media pembelajaran?
3.    Sebutkan empat jenis media pembelajara!
4.    Jelaskan aspek-aspek yang haus diperhatikan sebelum menggunakan media pembelajaran!
5.    Jelaskan empat hal yang harus diperhatikan dalam menata media visual!
                                                                   Surabaya,   ……………….2012
Dosen Pembimbing,                                      Pratikan,




Dr. Suyatno                                                 Rasmian



logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi       :



SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                          : Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi                  : S-1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Mata Kuliah/ SKS            : Media Pembelajaran Bahasa / 2 SKS
Kode Mata Kuliah           :
Pertemuan Ke                  : 2
Alokasi Waktu                 : 2 jam pertemuan


 
A.  Kompetensi
Media Permainan Bahasa
B.    Indikator
Menjelaskan pengertian permainan bahasa
Menjelaskan tujuan dan fungsi permainan bahasa
Menjelaskan jenis permainan bahasa
Menggunakan permainan bahasa dalam pembelajaran

C.    Tujuan
Mahasiswa dapat
a)    menjelaskan pengertian permainan bahasa
b)   menjelaskan tujuan dan fungsi permainan bahasa
c)    menjelaskan jenis permainan bahasa
d)   menggunakan permainan bahasa dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

D.    Materi
Media permainan bahasa:
a)     pengertian permainan bahasa
b)    tujuan dan fungsi permainan bahasa
c)     jenis permainan bahasa
d)    permainan bahasa dalam pembelajaran

E.    Pendekatan/Model/Metode
Langsung, ceramah, penugasan
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
1.    Dosen mengajak bermain menyampaikan informasi
2.    Mahasiswa merefleksikan hasil permainan
3.    Dosen membagi mahasiswa menjadi 4 kelompokdengan cara bermain sholawat
4.    Dosen membuat pertanyaan tentang permainan
Kegiatan Inti
1.    Dosen memberi 4 contoh permainan
2.    Mahasiswa memainkan contoh permainan
3.    Dosen menjelaskan tentang permainan bahasa
Kegiatan akhir
2.    Mahasiswa merefleksikan hasil pembelajaran
G.    Media/Sumber Belajar
Media: Power point substansi materi dan buku ajar
Sumber:
1)   Sujiono,Yuliani Nuraini.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks
2)   Soenarno, Adi. 2005.Ice Breaker: Permainan Atraktif, Edukatif untuk Pelatihan Mamajemen. Yogyakarta: Andi
3)   Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo

H.    Penilaian
Penilaian tulis

                                                                   Surabaya,   ……………….2012
Dosen Pembimbing,                                      Pratikan,




Dr. Suyatno                                                 Rasmian



logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi       :



SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                          : Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi                  : S-1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Mata Kuliah/ SKS            : Media Pembelajaran Bahasa / 2 SKS
Kode Mata Kuliah           :
Pertemuan Ke                  : 3
Alokasi Waktu                 : 2 jam pertemuan


 
A.  Kompetensi
Media Permainan Bahasa
B.    Indikator
Menggunakan permainan bahasa dalam pembelajaran

C.    Tujuan
Mahasiswa dapat
a)    menggunakan permainan bahasa dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

D.    Materi
Media permainan bahasa:
a)    permainan bahasa dalam pembelajaran

E.    Pendekatan/Model/Metode
Langsung,  penugasan, diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
1.    Dosen mengajak bermain mahasiswa
2.    Mahasiswa merefleksikan hasil permainan
3.    Dosen membuat pertanyaan tentang permainan
Kegiatan Inti
1.    Mahasiswa memainkan contoh permainan bahasa
2.    Mahasiswa berdiskusi
3.    Dosen menjelaskan tentang permainan bahasa
Kegiatan akhir
1.  Mahasiswa merefleksikan hasil pembelajaran
F.     Media/Sumber Belajar
Power point substansi materi dan buku ajar
Sumber:
1)   Sujiono,Yuliani Nuraini.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks
2)   Soenarno, Adi. 2005.Ice Breaker: Permainan Atraktif, Edukatif untuk Pelatihan Mamajemen. Yogyakarta: Andi
3)   Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo

G.    Penilaian
Penilaian tulis
                                                                   Surabaya,   ……………….2012
Dosen Pembimbing,                                      Pratikan,



Dr. Suyatno                                                 Rasmian


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Fakultas                          : Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi                 : S-1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Mata Kuliah/ SKS            : Media Pembelajaran Bahasa / 2 SKS
Kode Mata Kuliah           :
Pertemuan Ke                  : 4
Alokasi Waktu                 : 2 jam pertemuan


 
A.  Kompetensi
Mendeskripsikan Media IT : Macromedia Flash 8
B.    Indikator
Mengenal program Flash
Membuat objek teks
Bekerja dengan layer
Menggunakan animasi
Membuat Mov

C.    Tujuan
Mahasiswa dapat
b)   Membuat media dengan program makromedia dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

D.    Materi
Media macromedia:
1)   Mengenal flash macromedia
2)   Membut objek seni
3)   Membuat objek teks
4)   Bekerja dengan layer
5)   Animasi

E.    Pendekatan/Model/Metode
Langsung,  penugasan, diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
1)   Dosen mengajak bermain mahasiswa
2)   Mahasiswa merefleksikan hasil permainan
3)   Dosen membuat pertanyaan tentang permainan
Kegiatan Inti
4.    Mahasiswa memainkan contoh permainan bahasa
5.    Mahasiswa berdiskusi
6.    Dosen menjelaskan tentang permainan bahasa
Kegiatan akhir
2.  Mahasiswa merefleksikan hasil pembelajaran
F.     Media/Sumber Belajar
Power point substansi materi dan buku ajar
Sumber:
4)   Sujiono,Yuliani Nuraini.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks
5)   Soenarno, Adi. 2005.Ice Breaker: Permainan Atraktif, Edukatif untuk Pelatihan Mamajemen. Yogyakarta: Andi
6)   Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo

G.    Penilaian
Penilaian tulis
                                                                   Surabaya,   ……………….2012
Dosen Pembimbing,                                      Pratikan,



Dr. Suyatno                                                 Rasmian




logo-kop.jpg
KURIKULUM
Tanggal Revisi       :



SILABUS MATA KULIAH
Fakultas                          : Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi                  : S-1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Mata Kuliah/ SKS            : Media Pembelajaran Bahasa / 2 SKS
Kode Mata Kuliah            :
Semester                         : V
Pengampu/Pratikan          : Rasmian
Dosen Pamong                 : Dr. Suyatno

Deskripsi
Pembahasan hakikat, jenis   media (cetak, elektronik, permainan bahasa, media kreatif), pemanfaatan media  (penggunaaan dan keamanannya, pemeliharaannya), pembuatan media (cetak dan elektronik, permainan bahsa, kreatif)  yang  relevan dengan  karakteristik  materi  dan  peserta  didik.

Kompetensi                :
1)   Mendeskripsikan konsep dasar, hakekat, fungsi, tujuan, prinsip-prinsip media pembelajaran bahasa.
2)   Mendeskripsikan teknik pemilihan   media pembelajaran  yang  sesuai dengan  kurikulum, karakteristik siswa,  dan  alokasi  waktunya. 
3)   Mendeskripsikan media pembelajaran IT 
4)   Mendeskripsikan media pembelajaran non-IT/ kreatif
5)   Mendeskripsikan media pembelajaran permainan.
6)   Mahasiswa mampu membuat dan menerapkan berbagai media pembelajaran.
Kegiatan Perkuliahan
Mata kuliah ini dibina oleh seorang dosen dengan mengunakan metode  yaitu:
a.       Ceramah dan tanya jawab
b.      Kontekstual
c.       Penugasan secara individu dan kelompok, presentasi atas hasil
d.      Pameran hasil pembuatan media
Kegiatan perkuliahan dirancang sebagai berikut.
No
Pertemuan ke-
Pokok Bahasan / Materi Pembelajaran
Metode
1
1
Pendahuluan
Ceramah
2
2
Mendeskripsikan konsep dasar, hakekat, fungsi, tujuan, prinsip-prinsip media pembelajaran bahasa
Ceramah
3
3
Mendeskripsikan teknik pemilihan   media pembelajaran  yang  sesuai dengan  kurikulum, karakteristik siswa,  dan  alokasi  waktunya. 
Ceramah
4
4
Mendeskripsikan media pembelajaran IT.
Ceramah
5
5
Mendeskripsikan media pembelajaran IT.
Penugasan, Diskusi
6
6
Mendeskripsikan media pembelajaran IT
Penugasan, Diskusi
7
7
Mendeskripsikan media pembelajaran non-IT/ kreatif
Ceramah, Kontekstual
8
8
Mendeskripsikan media pembelajaran non-IT/ kreatif
Ceramah, Kontekstual
9
9
Mendeskripsikan media pembelajaran permainan
Ceramah
10
10
Mendeskripsikan media pembelajaran permainan
Penugasan, Diskusi
11
11
Mendeskripsikan media pembelajaran permainan
Penugasan, Diskusi
12
12
Mendeskripsikan media pembelajaran permainan
Penugasan, Diskusi
13
13
Mendeskripsikan media pembelajaran permainan
Penugasan, Diskusi
14
14
Mahasiswa mampu membuat dan menerapkan berbagai media pembelajaran
Penugasan, Diskusi
15
15
Mahasiswa mampu membuat dan menerapkan berbagai media pembelajaran
Penugasan, Diskusi
16
16
UAS
Penugasan, Pameran

Sumber:
Anonim. 2011. Panduan Praktis Microsoft Power Point 2010. Yogyakarta: Andi
----------. 2007. Mahir dalam 7 Hari Macromedia Flash Pro 8. Yogyakarta: Andi
Bobbi DePorter, dkk 1999. Alih bahasa Alwiyah Abdurrahman.Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mizan Pustaka
Sadiman,  Arief S., dkk. 2010.  Media  Pendidikan .  Jakarta:  Rajawali.
Sudjana,  Nana.  2010.  Media  Pengajaran.  Bandung:  Sinar  Baru.
Sumadi.  2003.  Pengembangan  Bahan  dan  Media  Pembelajaran  Bahasa dan  Sastra  Indonesia .  Jakarta:   Depdiknas
Suyatno. 2005. Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Grasindo
Sujiono,Yuliani Nuraini.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks
Suwarna, Nana. 2009. Microsoft Office 2007: Pedoman Panduan Pratikum. Bandung: 2011.
Soenarno, Adi. 2005.Ice Breaker: Permainan Atraktif, Edukatif untuk Pelatihan Mamajemen. Yogyakarta: Andi
Rahardi, Arista. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional


Surabaya,   ……………….2012
Dosen Pembimbing,                                                Pratikan,



Dr. Suyatno                                                            Rasmian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COACHING DALAM PENDIDIKAN

A. Pendahuluan            Senin, 1 Februari 2021 merupakan hari bersejarah bagi pendidikan Indonesia. Pada hari itu Menteri Pendidikan dan K...