Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Salah satu komponen yang harus diperhatikan
dalam implementasi kurilulum 2013 adalah RPP. Berdasarkan Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 65 tahun 2013 tetang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka
untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk
mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam
upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan
pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar
pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta
memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
RPP disusun berdasarkanKD atau
subtemayang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Komponen RPP terdiri atas:
aa) identitas
sekolahyaitunamasatuanpendidikan
bb) identitasmatapelajaranatautema/subtema;
cc) kelas/semester;
dd) materipokok;
ee) alokasi waktu ditentukan sesuai
dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah
jam pelajaran yang tersedia dalam
silabus dan KD yang harus dicapai;
f) tujuan pembelajaran yang
dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat
diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
gf) kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi;
hg) materi pembelajaran, memuat
fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i)
metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai
KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan
dicapai;
j)h)
media pembelajaran, berupa alat bantu proses
pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
ki) sumber belajar, dapat berupa
buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang
relevan;
l) j)
langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan
pendahuluan, inti, dan penutup; dan penilaian hasil pembelajaran.
Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan
prinsip-prinsip
sebagai berikut.
aa) Perbedaan individual peserta
didik antara lain kemampuan awal,
tingkat intelektual, bakat,
potensi, minat, motivasi belajar, emampuan sosial, emosi, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai,
dan/atau lingkungan peserta didik.
bb) Partisipasi aktif peserta
didik.
cc) Berpusat pada peserta didik
untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif,
inspirasi, inovasi dan kemandirian.
dd) Pengembangan budaya membaca dan
menulisyang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam
bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
ee) Pemberian umpan balik dan
tindak lanjutRPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif,
penguatan, pengayaan, dan remedi.
f)f) Penekanan pada keterkaitan dan
keterpaduanantara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator
pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman
belajar.
gg) Mengakomodasi pembelajaran
tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan
keragaman budaya.
hh) Penerapan teknologi informasi
dan komunikasisecara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan
situasi dan kondisi.
Format RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
Matapelajaran :
Kelas/Semester:
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. _____________ (KD pada KI-1) ______________________
(Indikator)
2. _____________ (KD pada KI-2) ______________________
(Indikator)
3. _____________ (KD pada KI-3) ______________________
(Indikator)
4. _____________ (KD pada KI-4) ______________________
(Indikator)
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b. Kegiatan Inti (...menit)
c. Penutup (…menit)
2. Pertemuan Kedua:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b. Kegiatan Inti (...menit)
c. Penutup (…menit), dan seterusnya.
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
|
Diadopsi dari Permendikbud nomor 65 tahun 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar